Visi Misi

Suroyo, S.Sos.I 01 April 2013 14:14:06 WIB

Visi Pemerintah Desa Nglegi Patuk

 

Agar penyelenggaraan pemerintahan Desa Nglegi dapat terarah dan berkelanjutan maka diperlukan adanya Visi Desa. Visi Desa Nglegi adalah ”DESAKU BERSATU,MAJU, DAN SEJAHTERA”

 

Visi tersebut mengandung filosofi dasar, yaitu :

  1. Untuk Desa Nglegi yang lebih baik maka perlu adanya tekad semua komponen baik Pemerintah Desa maupun masyarakat untuk ”BERSATU”. Hal ini mengandung makna menyatukan semua potensi  sumber daya manusia untuk berupaya mengelola Desa Nglegi secara terarah didasarkan pada program yang mantap, pelaksanaan yang tepat, serta pengawasan yang ketat sehingga ”Kemajuan” dapat dicapai.
  2. Masyarakat yang ”MAJU” mengandung makna terwujudnya kondisi masyarakat yang berkembang dan berorientasi pada upaya memajukan desa dengan dilandasi sikap disiplin, bekerja keras, dan gemar membaca/meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri. Kondisi ini akan mengantar pada terwujudnya masyarakat yang ”SEJAHTERA”.
  3. "SEJAHTERA” mengandung arti tercukupinya kebutuhan pokok material dan spiritual bagi masyarakat, yang ditandai dengan meningkatnya kehidupan perekonomian, derajat kesehatan dan kualitas sumberdaya manusia bagi seluruh masyarakat yang di dukung oleh kepastian hukum dan hak azasi manusia. 

 

 

Misi Pemerintah Desa Nglegi

 

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi Desa Nglegi jangka menengah tahun 2013-2019 adalah:

  1. Meningkatkan kualitas iman dan taqwa melalui pembinaan dan pengembangan kehidupan beragama dan kerukunan umat beragama.
  2. Mewujudkan pemerintahan desa yang baik dalam rangka optimalisasi pelayanan masyarakat
  3. Meningkatkan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan desa
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan dasar dan infrastruktur perekonomian 
  5. Meningkatkan pemberdayaan lembaga ekonomi desa dan seluruh potensi ekonomi kerakyatan
  6. Meningkatkan kualitas dan pelestarian lingkungan hidup
  7. Meningkatkan kemajuan dan kemandirian rumah tangga miskin
  8. Mempertahankan nilai-nilai luhur dan adat-istiadat budaya desa

 

 

Dalam mewujudkan visi melalui pelaksanaan misi yang telah ditetapkan maka perlu adanya kerangka yang jelas mengenai tujuan yang akan dicapai. Tujuan  masing-masing misi adalah sebagai berikut:

  1. Misi Pertama:  meningkatkan kualitas iman dan taqwa melalui pembinaan dan pengembangan kehidupan beragama dan kerukunan umat beragama mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama yang didasarkan pada pemahaman dan pengamalan ajaran agama sesuai dengan keyakinannya masing-masing dalam nuansa kehidupan yang sejuk dan penuh toleransi. 
  2. Misi Kedua: Mewujudkan pemerintahan desa yang baik dalam rangka optimalisasi pelayanan masyarakat mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas aparat pemerintah desa dan badan permusyawaratan desa sehingga mampu memahami tugas, pokok, dan fungsinya, serta menjalin kerjasama yang baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat, dan transparan. 
  3. Misi Ketiga:  mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas anggota dan pengurus lembaga kemasyarakatan, mewujudkan harmonisasi antar lembaga kemasyarakatan desa, maupun dengan unsur pemerintahan desa dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa.
  4. Misi Keempat:  meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan dasar dan infrastruktur perekonomian mempunyai tujuan untuk meningkatkan kulaitas sumber daya maniusia, derajat kesehatan masyarakat yang berkualitas, kelancaran perekonomian desa, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  5. Misi Kelima:  meningkatkan pemberdayaan lembaga ekonomi desa  dan seluruh potensi ekonomi kerakyatan mempunyai tujuan untuk menggerakkan seluruh potensi ekonomi kerakyatan dan lembaga ekonomi desa sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan pendapatan asli desa
  6. Misi Keenam: Meningkatkan kualitas dan pelestarian lingkungan hidup mempunyai tujuan untuk melestarikan lingkungan hidup dan memanfaatkannya sebagaimana mestinya serta mengurangi adanya pencemaran lingkungan sehingga menciptakan Desa Nglegi yang sejuk dan indah.
  7. Misi Ketujuh: Meningkatkan kemajuan dan kemandirian rumah tangga miskin mempunyai tujuan untuk  memotifasi, menggerakkan  dan membina masyarakat miskin supaya lebih maju dan mampu meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi dengan berwirausaha secara mandiri. 
  8. Misi Kedelapan: Mempertahankan nilai-nilai luhur dan adat-istiadat budaya desa mempunyai tujuan untuk mempertahankan dan melestarikan nilai nilai luhur, adat istiadat serta budaya yang sudah berjalan di Desa.

 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Data Kebudayaan Desa Nglegi

1. Rosulan, Nyadran, dan Ritus Pangan
     
NO

          

NAMA KEGIATAN

 

 WAKTU PELAKSANAAN

 KET

1 Rasul Desa Nglegi Senin, 19 Agustus 2019 -

Radio Persatuan Nglegi (PERSEGI)

Aparatur Pemerintah Desa Nglegi

            PERANGKAT DESA NGLEGI
     
NO

          

NAMA

 

 JABATAN

1 WAGIMAN, S.IP Kepala Desa
2 KUNCORO KRESNO, S.Kom Sekretaris Desa
3 SURADI Seksi Pemerintahan
4 SUROYO, S.Sos.I Seksi Pelayanan
5 SUDIYONO Seksi Kesejahteraan
6 ANA RACHMATUN Kaur Keuangan
7 ARIF JUNAIDI ARSONO Kaur Perencanaan
8 RADIYO Kaur Tata Usaha dan Umum
9 KARNOTO Staf
10 CIPTO YUWONO, S.IP Staf
11 SUPARTONO Staf
12 AYUS GUNTORO Dukuh Klepu
13 TRI SUHARTANTA Dukuh Trukan
14 SUGIMAN Dukuh Nglegi
15 TRI KARYADI Dukuh Nglampar
16 TUKARJO Dukuh Kembang
17 WARTONO Dukuh Gedoro
18 WIDODO Dukuh Padangan
19 MURYANTO Dukuh Glagah
20 ANA RACHMATUN, A.Md Plt. Dukuh Karang

Lokasi Nglegi

tampilkan dalam peta lebih besar