VERIFIKASI LAPANGAN KABUPATEN/KOTA SEHAT TK. PUSAT DI DESA STBM, DESA NGLEGI, KEC. PATUK, KAB. GK

Kuncoro Kresno 28 Agustus 2019 11:28:51 WIB

SIDA_SAMEKTA_Nglegi. Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Kabupaten Gunungkidul kembali dinilai oleh tim verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Senin (26/08/2019) dan Selasa (27/08/209).

Dalam kegiatan verifikasi di Gunungkidul telah disiapkan 7 tatanan di 17 titik lokasi kegiatan yang tersebat di 6 kecamatan. Dari 17 titik lokasi kegiatan salah satunya adalah di Desa STBM, Desa Nglegi, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tk. Pusat Di Desa STBM, Desa Nglegi, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Agustus 2019. Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tk. Pusat datang pada pukul 16.30 WIB di Balai Desa Nglegi disambut dengan gending Gugur Gunung, samiran, sompil dari Group Karawitan Perangkat Desa Nglegi “Kuncoro Laras”. Dilanjutkan dengan penilaian STBM ke warga masyarakat serta ke lokasi Bank Sampah Padukuhan Nglegi. Kegiatan ini berakhir pada pukul 18.00 WIB.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Deklarasi 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) masyarakat desa Nglegi yang secara simbolik diwakili oleh 9 Dukuh di 9 Padukuhan. Dalam kegiatan ini hadir Wakil Bupati Gunungkidul DR. Drs. Immawan Wahyudi, MH, Tim Pembina Kabupaten Gunungkidul Sehat (OPD Terkait beserta Tim Teknis OPD), Tim Forum Kabupaten Gunungkidul Sehat, Camat Patuk Raden Haryo Ambar Suwardi, M.Si, Kepala Puskesmas Patuk I dan II. Verifikasi di Desa Nglegi ini sekaligus menjadi penutup serangkaian kegiatan Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tk. Pusat serta diadakannya acara Pelepasan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat.

Pesan dan kesan oleh Tim Penilai Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat disampaikan oleh Ibu Dewi Marlina, S.Km, M.Kes. beliau menyampaikan bahwa masyarakat Gunungkidul adalah masyarakat yang ulet dan tangguh, mampu mewujudkan kawasan yang sehat sesuai dengan potinsi di wilayahnya.

Sambutan Pelepasan oleh Wakil Bupati Gunungkidul,  DR. Drs. Immawan Wahyudi, MH. berharap penghargaan Swasti Saba Wistara akan selalu berada di Gunungkidul mengingat kesan yang baik disampaikan oleh Tim Penilai. (Kun)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Data Kebudayaan Desa Nglegi

1. Rosulan, Nyadran, dan Ritus Pangan
     
NO

          

NAMA KEGIATAN

 

 WAKTU PELAKSANAAN

 KET

1 Rasul Desa Nglegi Senin, 19 Agustus 2019 -

Radio Persatuan Nglegi (PERSEGI)

Aparatur Pemerintah Desa Nglegi

            PERANGKAT DESA NGLEGI
     
NO

          

NAMA

 

 JABATAN

1 WAGIMAN, S.IP Kepala Desa
2 KUNCORO KRESNO, S.Kom Sekretaris Desa
3 SURADI Seksi Pemerintahan
4 SUROYO, S.Sos.I Seksi Pelayanan
5 SUDIYONO Seksi Kesejahteraan
6 ANA RACHMATUN Kaur Keuangan
7 ARIF JUNAIDI ARSONO Kaur Perencanaan
8 RADIYO Kaur Tata Usaha dan Umum
9 KARNOTO Staf
10 CIPTO YUWONO, S.IP Staf
11 SUPARTONO Staf
12 AYUS GUNTORO Dukuh Klepu
13 TRI SUHARTANTA Dukuh Trukan
14 SUGIMAN Dukuh Nglegi
15 TRI KARYADI Dukuh Nglampar
16 TUKARJO Dukuh Kembang
17 WARTONO Dukuh Gedoro
18 WIDODO Dukuh Padangan
19 MURYANTO Dukuh Glagah
20 ANA RACHMATUN, A.Md Plt. Dukuh Karang

Lokasi Nglegi

tampilkan dalam peta lebih besar