Buntut Data BPNT, Akhirnya Gantian Dinas Sosial Gunungkidul "Rawuh" Ke Pemerintah Desa Nglegi

Suroyo, S.Sos.I 18 Mei 2018 07:47:38 WIB

SIDA SAMEKTA_Nglegi. Hari pertama puasa ramadhan menjadi berkah bagi Pemerintah Desa Nglegi, karena mendapat tamu istimewa dan spesial. Betapa tidak, karena siang kemarin, Kamis, 17 Mei 2018 di rawuhi Asisten 1 Bupati Gunungkidul ( Sudodo, MM) didampingi Aziz Shaleh, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul (Dra. Siwi Iriyanti, M.Si), Kepala Bidang Kesra Kabupaten Gunungkidul (Suyono, S.Sos), Kepala Bidang Sosial (Subarno, S.Sos), Camat Patuk (R. Haryo Ambar Suwardi, M.Si) dan Kessos Patuk (A. Ruswanto, S.H).

Kedatanagan tamu spesial ini terkait tindak lanjut respon atas audiensi yang dilakukan oleh seluruh Kepala Desa Kecamatan Patuk dan seluruh Kasi Pelayanan Kecamatan Patuk beberapa waktu lalu ke Kantor Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul menyoal carut marut data BPNT 2018.

Pada kesempatan tersebut, langsung ditanggapi Aripin, S.IP, Kepala Desa Nglegi dan Suroyo, S.Sos.I selaku Kepala Seksi Pelayanan Pemerintah Desa Nglegi di ruang kerja Kepala Desa.

Pertemuan mendadak tersebut diawali oleh Sudodo, MM sebagai ketua rombongan, menyampaikan maksud kedatangan spesial ke Kantor Desa Nglegi. Beliau sampaikan beberapa point penting, yaitu :

  1. Ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Nglegi atas respon positif beberapa waktu lalu terhadap data BPNT yang menunai kritik, karena tidak validnya data yang diterima desa dan tidak sesuai musdes yang telah dilakukan
  2. Pemerintah kabupaten menyampaikan permohonan maaf atas kejadian ini, dan berharap menjadi evaluasi menyeluruh dan koreksi kepada pemerintah pusat, agar tidak terjadi lagi diwaktu mendatang
  3. Pemerintah kabupaten telah berusaha memperjuangkan data hasil musdes agar disetujui pusat sesuai dengan aspirasi dan substansi audiensi yang lalu, dan progres sampai saat ini telah mendapatkan titik terang, bahwa semua data musdes dapat diterima pemerintah pusat, tetapi butuh mekanisme dan waktu, karena terkait proses cetak kartu KKS bagi peserta BPNT non PKH, serta menunggu SK dan pengesahan Kementerian Sosial
  4. Pemerintah Kabupaten berharap kepada seluruh Pemerintah Desa agar dapat bekerjasama untuk segera membantu mendistribusikan kartu KKS yang beberapa waktu lalu ditolak dan tidak dibagikan ke warga masyarakat. Dinas Sosial bersedia menfasilitasi dengan bank mandiri waktu dekat ini agar segera sampai ke byname. Pemerintah Desa berwenang memilah data penerima kartu KKS yang tidak sesuai hasil musdes atau data DPM 2 untuk tidak dibagikan/dicorek.
  5. Kekurangan byname sesuai hasil musdes akan segera diperjuangkan agar segera tercetak kartu KKSnya ke pemerintah pusat.
  6. Tahapan selanjutnya jika data keseluruhan sudah final, maka Kementerian Sosial RI akan menyerahkan ke bank Himbara untuk cetak kartu KKS

Kepala Desa Nglegi, Aripin, S.IP akhirnya menyanggupi permintaan Pemerintah Kabupaten tersebut, tetapi selama data DPM 2 hasil musdes dijadikan dasar penerbitan kartu BPNT atau KKS, terkait proses cetak kartu dan mekanisme melengkapi data usulan membutuhkan waktu untuk diterima pemerintah pusat, Aripin, S.IP memaklumi hal tersebut, terpenting aspirasi Pemerintah Desa diakomodir dan diperjuangkan.

Sebagi tindak lanjut hal tersebut, rencana hari ini, Jum’at/18 Mei 2018 seluruh Kasi Pelayanan se Kecamatan Patuk akan diundang Camat Patuk untuk menindaklanjuti  data BPNT yang telah keluar kartunya agar segera dapat terdistribusi ke seluruh warga yang mendapatkannya di wilayah Kecamatan Patuk.

Semoga kejadian seperti ini tidak terulang diwaktu mendatang, sekiranya dapat menjadi pelajaran bagi dinas terkait, baik pemerintah pusat maupun daerah dalam menggulirkan program agar betul – betul matang dan sesuai mekanisme dan prosedur yang benar, sehingga tidak menimbulkan gejolak di masyarakat. (Yoyo)

Komentar atas Buntut Data BPNT, Akhirnya Gantian Dinas Sosial Gunungkidul "Rawuh" Ke Pemerintah Desa Nglegi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Data Kebudayaan Desa Nglegi

1. Rosulan, Nyadran, dan Ritus Pangan
     
NO

          

NAMA KEGIATAN

 

 WAKTU PELAKSANAAN

 KET

1 Rasul Desa Nglegi 19 Agustus 2017 -
2 Rasul Dusun Nglegi 19 Agustus 2017 -
3 Rasulan Dusun Trukan 19 Agustus 2017 -
4 Nyadran 1 Agustus 2017 -
5 Sedekah Laut 1 Januari 2017 -

Radio Persatuan Nglegi (PERSEGI)

Aparatur Pemerintah Desa Nglegi

            PERANGKAT DESA NGLEGI
     
NO

          

NAMA

 

 JABATAN

1 WAGIMAN, S.IP Kepala Desa
2 KUNCORO KRESNO, S.Kom Sekretaris Desa
3 SURADI Seksi Pemerintahan
4 SUROYO, S.Sos.I Seksi Pelayanan
5 SUDIYONO Seksi Kesejahteraan
6 ANA RACHMATUN Kaur Keuangan
7 ARIF JUNAIDI ARSONO Kaur Perencanaan
8 RADIYO Kaur Tata Usaha dan Umum
9 KARNOTO Staf
10 CIPTO YUWONO, S.IP Staf
11 SUPARTONO Staf
12 AYUS GUNTORO Dukuh Klepu
13 TRI SUHARTANTA Dukuh Trukan
14 SUGIMAN Dukuh Nglegi
15 TRI KARYADI Dukuh Nglampar
16 TUKARJO Dukuh Kembang
17 WARTONO Dukuh Gedoro
18 WIDODO Dukuh Padangan
19 MURYANTO Dukuh Glagah
20 TUGIMAN Dukuh Karang

Lokasi Nglegi

tampilkan dalam peta lebih besar