SABA DESA TVRI JOGJA SHOOTING DI DESA NGLEGI

Suroyo, S.Sos.I 22 Maret 2018 13:18:30 WIB

Nglegi_SIDA. Analisis Kemiskinan Partisipatif (AKP) yang telah dilakukan Pemerintah Desa Nglegi dari tahun 2010 lalu menjadi salah satu keunggulan Pemdes Nglegi, sehingga program SABA DESA TVRI JOGJA ingin meliput langsung ke Desa Nglegi, Kamis, 22/03/18.

Liputan Saba Desa dimulai dari area persawahan Bulak Sri Thukul, kemudian liputan di Komplek Balai Desa Nglegi wawancara dengan Kepala Desa Nglegi, Aripin,S.IP dan Camat Patuk, R. Haryo Ambarsuwardi, M.Si. wawancara terkait AKP (Analisis Kemiskinan Partisipatif) dan OVOP (One Village One Produc). OVOP merupakan salah satu program unggulan di wilayah Kecamatan Patuk oleh bapak Camat sebagai upaya pemberdayaan potensi lokal sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga. Kalau saat pertemuan warga atau pertemuan apapun di wilayah Patuk, kok tidak pakai menu lokal, maka tidak saya makan, akan langsung saya tinggal pergi, jelas R. Haryo Ambarsuwardi, M.Si saat diwawancara Angger Sukisno di serambi Pemdopo Balai Desa Nglegi.

Setelah sesi istirahat siang, dilanjutkan meliput proses pelayanan SID atau SIDA Samekta Pemerintah Desa Nglegi. Divisualisasikan oleh Suroyo, S.Sos.I sebagai Kasi Pelayanan Pemerintah Desa Nglegi. Dengan basis pelayanan SID, maka pelayanan kepada warga, teruatama layanan surat menyurat bisa sangat cepat, akuta dan tepat, cukup 3 menit, surat sudah jadi, papar Suroyo di sela – sela pelayanan.

Liputan dilanjutkan di KWT (kelompok Wanita Tani) Istiqomah, KWT berbasis jama’ah Masjid Istiqomah Padukuhan Nglegi. Produksi KWT Istiqomah adalah Brambang Goreng. Produk ini dapat mendukung usaha warga Desa Nglegi, seperti pengusaha warung makan sompil, soto, bakso, ratengan atau sayuran dan lainnya.

Dunia seni juga akan diliput, kesenian pedalangan dan gladi jathil Padukuhan Nglegi. Desa Nglegi memiliki tiga dalang (Ki Wasdiyanto, Ki Tomo Tamat dan Ki Sukedi).

Berbagai produk unggulan warga Desa Nglegi diliput dalam program Saba Desa TVRI Jogja ini, ada kelompok “Ngudi Rejeki”, merupakan kelompok penyelamat lingkungan Padukuhan Gedoro. Kelompok ini akan maju lomba Kalpataru 2018 tingkat Nasional.

Program Wana Desa di Padukuhan Padangan dan Karang juga akan diliput, merupakan program penyelamatan hutan dan sumber air serta meningkatkan kesejahteraan warga.

Tidak kalah penting tentang giat wira usaha warga Desa Nglegi, salah satunya liputan Budi daya Jangkrik, Ulat Hongkong dan Ulat Jerman di Padukuhan Kembang. Usaha ini dirintis oleh Rohani sejak puluhan tahun lalu. Omset saat ini sudah luarbiasa, mencapai ratuan juta rupiah setiap bulannya. selain mampu membuka lapangan kerja, juga meningkatkan kesejahteraan keluarga, saudara, pemuda dan warga sekitar. Setidaknya sampai saat ini telah memiliki 10 karyawan tetap, semuanya dari warga sekitar.

Mudah – mudahan dengan hadirnya Saba Desa TVRI Jogja di wilayah Desa Nglegi, dapat meningkatkan semangat warga untuk berkarya, dalam peribahasa “Sopo Ketoro Ketari” artinya siapa yang kelihatan (karya) dan hasil usaha-nya, maka akan dimabil manfaatnya/ dipilih untuk menjadi contoh dan lebih dari itu, akan memetik hasilnya, jelas Aripin, S.IP di ruang kerjanya saat dialog dengan Angger Sukisno dan tim TVRI Jogja.

Masih banyak liputan yang akan dilakukan oleh Saba Desa, tunggu liputan berita selanjutnya. (Yoyo)

Komentar atas SABA DESA TVRI JOGJA SHOOTING DI DESA NGLEGI

Joko 22 Maret 2018 14:08:13 WIB
Apresiasi buat pemdes nglegi beserta jajarannya,,smoga nglegi menjadi pilar go publik n go internasional,,salam sejahtera......

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Data Kebudayaan Desa Nglegi

1. Rosulan, Nyadran, dan Ritus Pangan
     
NO

          

NAMA KEGIATAN

 

 WAKTU PELAKSANAAN

 KET

1 Rasul Desa Nglegi 19 Agustus 2017 -
2 Rasul Dusun Nglegi 19 Agustus 2017 -
3 Rasulan Dusun Trukan 19 Agustus 2017 -
4 Nyadran 1 Agustus 2017 -
5 Sedekah Laut 1 Januari 2017 -

Radio Persatuan Nglegi (PERSEGI)

Aparatur Pemerintah Desa Nglegi

            PERANGKAT DESA NGLEGI
     
NO

          

NAMA

 

 JABATAN

1 WAGIMAN, S.IP Kepala Desa
2 KUNCORO KRESNO, S.Kom Sekretaris Desa
3 SURADI Seksi Pemerintahan
4 SUROYO, S.Sos.I Seksi Pelayanan
5 SUDIYONO Seksi Kesejahteraan
6 ANA RACHMATUN Kaur Keuangan
7 ARIF JUNAIDI ARSONO Kaur Perencanaan
8 RADIYO Kaur Tata Usaha dan Umum
9 KARNOTO Staf
10 CIPTO YUWONO, S.IP Staf
11 SUPARTONO Staf
12 AYUS GUNTORO Dukuh Klepu
13 TRI SUHARTANTA Dukuh Trukan
14 SUGIMAN Dukuh Nglegi
15 TRI KARYADI Dukuh Nglampar
16 TUKARJO Dukuh Kembang
17 WARTONO Dukuh Gedoro
18 WIDODO Dukuh Padangan
19 MURYANTO Dukuh Glagah
20 TUGIMAN Dukuh Karang

Lokasi Nglegi

tampilkan dalam peta lebih besar